Punya Hobi Menulis? Lewat 5 Situs Ini Kamu Bisa Mendapatkan Uang

Bagi yang hobi nulis kini punya banyak kesempatan untuk mendapatkan uang dari hobinya tersebut. Pasalnya kini, seorang penulis banyak dibutuhkan di beberapa media sebagai kontributor. Hubungan antara penulis dan media merupakan hubungan mutualisme.

Dengan menulis artikel yang berkualitas dan mendatangkan traffic secara otomatis akan mendatangkan pembaca yang juga berpotensi untuk mendapatkan iklan dari berbagai kanal. Sistem perhitungan biasanya dengan menggunakan poin. Setelah poin terkumpul untuk beberapa kurun waktu tertentu, penulis bisa me-reedem poinnya sehingga bisa dicarikan dalam bentuk uang.

Beberapa situs memiliki aturan dan sistem kebijakannya masing-masing. Secara garis besar, hampir semua situs memberikan imbalan berupa materi yang disesuaikan dengan kualitas dan juga kuantitas dengan perhitungan tertentu. Nah, berikut ini adalah beberapa situs yang bisa dijadikan sebagai salah satu penghasilan tambahan bagi kamu yang punya hobi menulis.  

UC News

Situs asal Tiongkok ini benar-benar menjadi bahan obrolan di kalangan media maupun media agregator lainnya. UC News cukup fenomenal di awal kemunculannya. UC News mengklaim bahwa mereka memiliki 40 juta pembaca di Indonesia yang haus dengan konten-konten berkualitas.

Cukup banyak cerita sukses para pembuat konten yang terjun di UC News dengan mencoba berbagai peruntungannya. Salah satu kunci sukses untuk bisa mendapatkan pundi-pundi rupiah di UC News adalah konsisten menulis pada salah satu kanal dan menguasinya dengan memberikan artikel yang unik dan menarik berbeda dengan konten kreator lainnya.

Perjalanan UC News di Indonesia sendiri memang terbilang masih cukup muda diantara situs lainnya. Namun dengan sokongan dari grup Alibaba milik Jack Ma, salah satu miliuner asal Tiongkok membuat UC News semakin berkembang.

Salah satu keuntungannya dengan menulis di UC News, bayaran dihitung berdasarkan page views dan dengan menggunakan kurs mata uang dollar Amerika. Dengan begitu, kamu benar-benar bisa mendapatkan penghasilan yang lumayan yang tidak berbeda jauh dengan konsep yang diterapkan google adsense pada sebuah blog.  

IDNTimes

Situs yang mengklaim sebagai “voice of millennial” termasuk salah satu media yang jadi rujukan anak muda. Bahasannya memang menyasar generasi milenial di bawah usia 30 tahunan. Sehingga jika ingin menulis di IDNTimes kamu perlu menyesuaikan gaya bahasanya karena audience yang dibidik adalah anak-anak muda yang masih produktif.

Menulis di IDNTimes sedikit berbeda dengan di UC News karena sistem perhitungan di IDNTimes berdasarkan poin. Untuk mendapatkan satu poin sebuah artikel harus memiliki jumlah pembaca hingga 100 viewers. Harga satu poin kira-kira sekitar Rp 100,-. Jadi jika ingin mendapatkan uang sejumlah 1 juta rupiah artinya sebuah artikel atau keseluruhan artikel harus memiliki keterbacaan sampai dengan 1 juta viewers.  

Kompasiana

Situs ini sebetulnya menjadi pelopor media warga di Indonesia. Hingga saat ini Kompasiana masih bertahan dan dijadikan model rujukan media warga oleh berbagai media dari dalam maupun luar negeri. Ada cukup banyak lomba dan kegiatan yang diselenggarakan di Kompasiana.

Namun, Kompasiana berangkat dari tulisan-tulisan berbau politik sehingga umumnya penulis maupun pembaca berasal dari kalangan generasi baby boomers dan generasi X. Kompasiana sepertinya juga tidak mau ketinggalan dengan meluncurkan program K-rewards. Perhitungan tidak berbeda karena didasarkan pada viewers yang diterima artikel yang ditulis.  

Mojok

Situs opini ini sempat mati suri. Ternyata Mojok melakukan pembenahan di sana- sini. Salah satu redakturnya menjadi ikon yang amat populer di kalangan blogger dengan celetukan dan sindiran-sindiran yang cerdas dan khas rakyat biasa.

Situsi ini memang sudah memiliki brand yang melahirkan beberapa penulis satir. Kadang-kadang bagi yang belum paham, justru membaca tulisan-tulisan di Mojok bisa menimbulkan salah paham. Karena pembaca yang disasar bersifat segmented, penulis yang mau mencoba menulis di Mojok memang harus memiliki beberapa skill tertentu seperti nyiyir dan menyindir kalangan tertentu.

JalanTikus

Situs ini cukup berbeda dengan situs lainnya karena mengusung tema besar teknologi. Jika kamu termasuk gandrung dengan berita teknologi terkini atau update smartphone terbaru tak salah jika menjadi salah satu kontributor JalanTikus.

Di antara situs lainnya, JalanTikus memberikan fee yang lumayan besar. Namun, syaratnya pun tidak mudah dan harus memenuhi beberapa kaidah yang ditetapkan redaksinya. Biasanya tidak jauh dari tema yang paling banyak dibahas dan juga berpotensi mendatangkan banyak traffic.

Itulah beberapa situs yang bisa dijadikan sumber penghasilan tambahan jika kamu memiliki hobi menulis. Dengan penghasilan tambahan tersebut bisa dijadikan sumber dana untuk bisa mengupgrade smartphone kamu. Jika sudah konsisten menghasilkan tambahan dari salah satunya, kamu bisa langsung mengajukan kredit hp online tanpa kartu kredit dari Kredivo.

Kredit hp online tanpa kartu kredit lewat Kredivo kini lebih mudah karena tinggal mengajukan seluruh persyaratan melalui aplikasi Kredivo. Cicilan pun bisa disesuaikan dengan kemampuan dan tenor yang fleksibel mulai dari 30 hari tanpa bunga, dan cicilan 3,6 sampai dengan 12 bulan dengan bunga rendah hanya 2.95% saja. Untuk bisa kredit hp online tanpa kartu kredit di Kredivo, kamu hanya peru menyiapkan KTP, dan menyambungkan akun e-commerce yang sudah memiliki riwayat transaksi, setelah itu kamu bisa menikmati fasilitas bayar tunai dalam 30 hari. Sedangkan untuk bisa kredit hp online tanpa kartu kredit dengan tenor 3, 6, dan 12 bulan, kamu tinggal menambahkan akun internet banking. Untuk mendapatkan aplikasinya, kamu bisa unduh melalui Google Play atau App Store. Jika ingin mencari informasi promo terbaru dari Kredivo, kamu bisa mengeceknya di halaman berikut ini.

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

© All Right Reserved