6 Manfaat Olahraga Untuk Anak Usia Dini

Dummy

Hari ini, si Adi akan berolah raga sambil bermain. Bunda tahu apa manfaat olahraga untuk si kecil? Olahraga mempunyai banyak manfaat untuk menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh orang dewasa. Namun sebenarnya olahraga tidak hanya bermanfaat bagi orang dewasa saja lho, tetapi juga bagi anak-anak. Pada anak-anak olahraga justru dapat digunakan sebagai sarana untuk menunjang masa tumbuh kembangnya.

Oleh karena itu, mulai sekarang ajarkanlah anak sedini mungkin melakukan olahraga secara rutin dan teratur, atau minimal seminggu sekali. Karena semakin dini mengajarkan anak berolahraga maka akan semakin dini pula anak mendapatkan manfaatnya. Lalu sebenarnya apasih manfaat olahraga bagi anak? Berikut 6 manfaat olahraga untuk anak usia dini.

  1. Membantu Pertumbuhan dan Perkembangan

Sebagaimana kita ketahui bahwa anak usia dini masih berada dalam tahap pertumbuhan dan perkembangan akan sel-sel serta organ-organ penting lainnya. Oleh karena itu dengan olahraga dapat dijadikan sarana untuk menggerakkan badan dan merangsang sel serta organ tubuh untuk melakukan aktifitas dan membantu pertumbuhan dan perkembangan sel organ dalam tubuh anak tersebut guys.

  1. Meningkatkan dan Menjaga Kesehatan

Dengan olahraga dapat mempertebal lapisan persendian, memperkuat pengikat ke tulang, serta pengikat tulang-tulang dalam tubuh sehingga fungsi organ seperti paru-paru, jantung dll dapat bekerja secara maksimal. So dengan demikian olahraga akan mampu meningkatkan dan menjaga kesehatan tubuh pada anak usia dini kan.

  1. Memberi Kebahagiaan

Bagi anak, olahrag tentu merupakan sarana bermain yang asyik. Artinya akan sangat menyenangkan ketika melakukannya. Oleh karena itu sebagai langkah awal dalam mengajari anak kita untuk berolahraga ajaklah mereka untuk melompat, berlari, menangkap, melempar, bersepeda dll. Intinya pilihlah olahraga yang mampu membuat anak senang dan bahagia.

  1. Meningkatkan Kecerdasan

Perasaan senang yang muncul pada anak ketika berolahraga akan merangsang peningkatan produksi hormone endorphin dalam otak yang memicu kreatifitas dan kecerdasannya secara optimal. Selain itu olahra juga membantu BDNF (Brain Derived Neurotropic Factor) dalam otak untuk merangsang pertumbuhan sel-sel otak dan membuat kinerjanya lebih maksimal.

  1. Membangun Rasa Percaya Diri

Olahraga ternyata dapat membuat anak lebih percaya diri lho, terlebih apabila mampu menghasilkan prestasi. Selain itu olahraga juga memberikan kesempatan pada anak untuk berfikir positif tentang diri sendiri melalui pengembangan bakat dan ketrampilannya.

  1. Menjaga Kerjasama

Beberapa jenis aktifitas olahraga biasanya dilakukan secara berkelompok seperti sepak bola dan basket sehingga diperlukan kerjasama tim untuk melakukannya dengan baik. Tentu kerjasama dilakukan bukan hanya ketika bermain saja tetapi juga dalam hal menaati peraturan, memahami peraturan, serta memperhatikan instruksi atau arahan dari wasit dan pelatih.

Nah itulah 6 manfaat olahraga untuk anak usia dini yang tentunya sangat berguna untuk menunjang tumbuh kembangnya bukan. Kalau olahraganya dilakukan bersama-sama, tentu manfaatnya akan jadi semakin lengkap. Selain untuk fisik anak, juga untuk perkembangan sosial anak. Anak jadi semakin memahami kondisi teman-temanya dan memecahkan apa masalah mereka.

Buat bunda, jangan takut ya kalau anak bermain. Tak perlu risau bila nanti ia kotor. Toh terkadang ada banyak hal menarik yang bisa jadi pelajaran buat si anak. Kalau kotor, bisa bunda atasi dengan mandi dengan produk DOREMI THOMAS & FRIENDS. Produk sampo ini memiliki kandungan aleovera yang bagus untuk kesehatan rambut anak. Apalagi hadirnya karakter perawatan tubuh anak DOREMI THOMAS & FRIENDS dengan busa melimpah dan aroma buah-buahan, makin membuat anak menyukainya.

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

© All Right Reserved