Lima Tips Merawat Kuku yang Baik

Bagi seorang wanita, merawat tubuh adalah hal yang penting mulai dari ujung rambut sampai ujung kaki. Salah satu bagian tubuh yang penting untuk dijaga kesehatan dan kebersihannya yaitu kuku. Kuku yang bersih dan terawat akan enak dipandang. Kuku yag kurang dipelihara bisa mudah terkena infeksi serta mudah rapuh. Saat ini ada banyak salon yang menyediakan perawatan untuk kuku. Kuku cantik dan menarik bisa Anda dapatkan seketika. Namun biaya perawatan kuku di salon juga tidak sedikit. Sebenarnya Anda juga bisa kok melakukan perawatan tubuh di rumah. Sebab tidak sulit juga melakukannya. Yuk simak tips berikut.

  1. Rajin menggunting kuku

Kuku yang terlalu panjang beresiko mudah patah jika tersangkut sesuatu. Rajin menggunting kuku setiap 1-2 minggu sekali akan membuat kuku sehat dan juga rapi. Kuku yang pendek lebih sehat. Jangan lupa pula untuk rajin membersihkannya dengan teratur dan menjaga kondisi tetap kering agar tidak ditumbuhi bakteri.

  1. Menggunakan penyikat kuku yang halus

Ketika membersihkan atau mengilapkan kuku, Anda bisa menggunaan penyikat kuku yang memiliki permukaan halus. Gosoklah secara perlahan dengan arah yang sama agar tidak mudah rusak. Penyikat yang kasar, bisa menyebaban kuku tak rata dan mudah kena infeksi. Hindari kebiasaan menggigiti kuku sebab menyebabkan kuku rusak seprti bergerigi.

  1. Membersihkan cat kuku dengan benar

Siapa bilang menggunakan cat kuku membahayakan? Menggunakan cat kuk bisa tetap aman selama Anda bisa membersihkannya dengan benar. Sebaiknya hindari penggunaan aseton untuk membersihkan kuku sebab bisa membuat lapisan kuku rapuh dan semakin tipis. Kemudian jangan pula memotong kutikula atau lapisan tipis yang ada pada bagian bawah kuku., sebab kuku bisa mudah terkena infeksi. Kutikula merupakan lapisan penghalang dari jamur dan bakteri.

  1. Janga merawat kuku secara berlebihan

Meski melakukan perawatan kuku seperti Pedicure dan menicure adalah hal yang bagus, namun jika dilakukan terlalu sering malah tidak baik juga. Bahan kimia yang digunakan bisa membuat kuku menjadi rapuh dan kering. Ketika mewarnai kuku sebaiknya hindari penggunaan cat kuku yang mengandung akrilik dan MMA sebab beresiko kanker kulit. MMA bisa Anda kenali pada cat kuku yang memiiki bau menyengat.

  1. Waspada ketika kuku mengalami perubahan

Perubahan yang terjadi pada kuku, semestinya perlu Anda waspadai. Sebab sama seperti bagian tubuh lain yang bisa menjadi pertanda buruknya kesehatan, perubahan ada kuku bisa menunjukkan gejala penyakit tertetu. Misalnya saja jika kuku berwarna setengah putih dan merah maka bisa jadi pertanda sakit ginjal. Jika kuku kekuningan dan menebal bisa menjadi tanda sakit paru-paru.

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

© All Right Reserved