Perbandingan Bunga Kredivo Vs Gopay Paylater

https://lh5.googleusercontent.com/A6l9Fuk7LVyPKZTyKRILSXpfxaIfTOzVBMJq5WsdWy0hggeoTj9xxcyGqXqQiyIDN1spT-23CRFGNWtTKeQMN1R-uGXAuk1sGPRGIRs2Whk9GjH7PEYMZSwYf2-5x2wJNt9aJmq_

Kredivo dikenal sebagai aplikasi pinjaman uang online, sedangkan Gopay Paylater dikenal sebagai salah satu fitur pembayaran online di aplikasi Gojek. Persamaan keduanya memberikan kemudahan dengan adanya fitur paylater. Fitur ini bisa membantu kamu membeli barang secara online atau offline, lalu bayarnya bulan depan atau sesuai dengan periode yang kamu pilih.

Nah, pasti kamu penasaran juga dong sebenarnya apa saja sih kelebihan yang ditawarkan oleh masing-masing platform. Apakah bunganya lebih rendah atau fitur-fitur lain yang belum pernah kamu coba sebelumnya. 

Supaya mendapatkan gambaran yang jelas tentang keduanya, yuk simak aja ulasannya berikut ini:

Bunga Kredivo vs Gopay Paylater

Untuk fitur Kredivo paylater menawarkan bunga 0% untuk tenor selama 30 hari. Dengan akun basic, kamu diberikan kredit limit sebesar Rp3 juta untuk belanja apa saja di bayarnya bulan depan. Kemudahannya sama persis seperti kartu kredit. Tidak ada bunga dan tidak ada biaya administrasi sama sekali, tapi ada syarat pendaftarannya ya.

Sementara untuk Gopay Paylater punya biaya administrasi bulanan sebesar Rp25 ribu. Limit penggunaannya adalah Rp500 ribu sampai dengan Rp1 juta. Jadi, jika paylaternya tidak digunakan pun akan dikenai biaya tersebut. 

Karena Kredivo merupakan pinjaman uang online, ada fitur lain yang juga diberikan bagi pengguna akun premium, yaitu pinjaman uang tunai yang bisa diakses langsung lewat aplikasinya. Ada dua produk pinjaman tunai yang ditawarkan yaitu pinjaman mini dengan pinjaman tunai minimal Rp500 ribu dan pinjaman jumbo dengan minimal pinjaman Rp1 juta. 

Bunganya sebesar 2,6% per bulan dengan pilihan tenor 3 dan 6 bulan. Untuk pinjaman tunai tersebut akan dikenai biaya administrasi sebesar 6% dari total pinjaman yang akan dipotong di muka. Kenapa demikian? Karena Kredvio tidak perlu membayar uang muka alias down payment. 

Timbang-timbang persyaratan Gopay Paylater vs Kredivo

Persyaratan untuk mendapatkan fitur Gopay Paylater memang lebih mudah dibandingkan dengan Kredivo. Jika kamu pengguna Gojek dan keanggotan sudah terverifikasi, biasanya langsung akan mendapatkan itur Gopay Paylater yang didukung oleh fintech Findaya. 

Seperti halnya OVO Paylater, makin sering bertransaksi dengan menggunakan Gopay Paylater, akan semakin ditingkatkan kredit limitnya. Dengan catatan bayar tagihan rutin sebelum jatuh tempo di bulan berikutnya.

Sementara jika ingin mendapatkan kredit limit lebih besar dari Kredivo, syaratnya harus minimal berusia 18-60 tahun, domisili di di Jabodetabek, Bandung, Surabaya, Semarang, Palembang, Medan, Bali, Yogyakarta, Solo, Makassar, Malang, Sukabumi, Cirebon, serta punya penghasilan minimal Rp3 juta per bulan. 

Untuk jumlah belanja yang lebih ringan bisa saja lebih cocok menggunakan Gopay Paylater seperti pemesanan makanan, tetapi untuk belanja kebutuhan sehari-hari yang sifatnya rutin, bisa mengandalkan Kredivo. 

Tak hanya itu saja, Kredivo juga punya fitur pinjaman tunai yang bisa digunakan untuk kepentingan darurat seperti biaya berobat, dana pendidikan, hingga renovasi rumah atau tambahan modal usaha.

Apapun pinjaman uang online yang kamu pilih sebenarnya kesadaran finansial yang paling penting agar tidak terlilit utang akibat kurang perhitungan. Pinjaman uang online bukan sumber tambahan penghasilan melainkan bisa dimanfaatkan untuk cadangan dana saat dibutuhkan. Artinya kamu sudah punya sumber lain yang bisa menutupinya di bulan depan.

Idealnya apapun pinjamannya tidak melebihi lebih dari sepertiga penghasilan. Nah, dari penghasilan itulah kamu bisa menakar seberapa besar utang yang bisa diambil sehingga tetap bisa membayar cicilan dengan lancar setiap bulannya. 

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

© All Right Reserved