Anatomi Tubuh Manusia, Fungsi Tulang Dada

Biologi 101: Seberapa Jauh Kamu Mengenali Anatomi Tubuh Manusia?

Disetiap anatomi tubuh manusia, seluru anggota dari tubuh tersebut memiliki fungsi masing masing. Selain memiliki fungsi tertentu, seluruh anggota tubuh manusia juga saling melengkapi tanpa terkecuali. Hal itupun termasuk pada salah satu anggota penting tubuh manusia yaitu tulang dada.

Di antomi tubuh manusia sendiri, tulang dada merupakan bagian terpenting. Pasalnya, tulang dada memiliki salah satu fungsi melindungi organ lain seperti jantung, paru paru, pembuluh darah besar, serta mampu mencegah kerusakaan dibagian depan tubuh manusia. Selain itu, adanya tulang dada baik untuk perempuan ataupun laki laki, akan mencegah terjadinya trauma yang pernah dialami seseorang. Adapun fungsi lain dari tulang dada untuk tubuh manusia yang telah terangkum seperti berikut.

1. Menjaga Organ Dibagian Dada

Fungsi pertama dari tulang dada adalah menjaga seluruh organ pada bagian dada. Kerusakan memang sering terjadi pada bagian dada. Hal ini sangat buruk. Selain mampu memberikan cacat, kerusakan pada bagian dada juga dapat menimbulkan trauma mendalam bagi manusia.

Paru paru dan jantung merupakan organ terpenting untuk kelangsungan hidup manusia. Salah satu fungsi dari tulang dada adalah menjaga. Tak terlepas akan hal itu, tulang dada juga akan seratus persen menjaga dua organ penting tersebut. Maka dari itu tak heran disebut jika tulang dada sebagai tameng utama pelindung paru paru dan juga jantung.

2. Dapat Menjaga Organ Lain

Selain dapat melindungi paru paru dan juga jantung, tulang dada juga efektif untuk menjaga organ lain yang ada pada tubuh manusia. Keras dan padatnya tulang dada hampir sama dengan tulang rusuk manusia. Maka dari itu, tulang dada bersifat pelindung yang menguatkan.

Seperti contoh, benturan yang diakibatkan dari kecelakaan pasti akan menimbulkan efek yang luar biasa. Dan disini, tugas utama tulang dada adalah melindungi organ organ sekitar. Organ organ tersebut adalah lambung, ginjal dan juga limpa. Dengan begitu, benturan akibat kecelakaan tersebut pasti akan membuat organ yang ada pada tubuh manusia menjadi rusak. Akan tetapi, setidaknya keras dan padatnya tulang dada dapat mengurangi kerasnya benturan tersebut.

3. Membantu Proses Pernafasan

Fungsi lain dari tulang dada adalah melindungi proses pernafasan. Selain dapat menjaga organ sekitar terkena benturan, tulang dada efektif untuk melindungi proses pernafasan manusia. Pasalnya, alat pernafasan utama manusia yaitu paru paru membutuhkan pelindung kuat untuk melancarkan pernafasan. Goncangan yang dihasilkan oleh tubuh manusia tak kuasa ditahan oleh paru paru, sebab itulah yang akan menguji fungsi tulang dada.

Bahkan jika tidak adanya tulang dada ditubuh manusia, proses pernafasan seseorang mau perempuan ataupun laki laki tidak akan berjalan dengan lancar. Dengan begitu, sudah terbukti tak ada satupun dari anatomi tubuh manusia yang tidak memiliki fungsi.

4. Sebagai Kerangka

Fungsi tulang dada yang terakhir adalah sebagai kerangka. Fungsi tulang dada sebagai kerangka dimanfaatkan oleh organ organ lain. Organ organ tersebut meliputi, otot otot dada, punggung, perut, serta bahu atas agar bisa menempel.

Jika ditubuh manusia tidak ada tulang dada, maka organ organ tersebut tidak akan terbentuk secara sempurna. Pasalnya, tulang dada sendiri sebagai penyokong organ lain dan juga memperkokoh organ organ tersebut.

Pengertian tentang anatomi tubuh manusia memang harus kalian pahami. Sebab, hal itu akan sangat bermanfaat dan juga akan sangat baik untuk semua manusia. Dari situ, kita bisa melihat akan pentingnya seluruh organ dan anggota tubuh yang ada pada manusia.

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

© All Right Reserved