5 Obat untuk Mengencerkan Dahak Bayi

9 Rekomendasi Obat Kumur untuk Pria, Atasi Berbagai Masalah Mulut!

            Bayi yang terkena batuk dan pilek akan menimbulkan dahak berlebih di tenggorokan. Dalam kondisi ini, bayi belum bisa mengeluarkan dahaknya sendiri dan membutuhkan bantuan orang tua. Sebagai orang tua, wajib mengetahui cara yang ampuh untuk mengeluarkan dahak bayi.

            Orang tua dapat melakukan berbagai macam cara mengeluarkan dahak pada bayi, seperti membawa bayi ke dokter, mengeluarkan dahak bayi dengan cara alami, atau mengeluarkan dahak bayi dengan obat. Jika ingin menggunakan obat, pastikan obat yang akan digunakan aman dan ampuh untuk mengeluarkan dahak bayi.

            Selain itu, perhatikan komposisi dari obat sebelum memberikan kepada bayi, hal ini untuk menghindari efek samping dari obat yang akan dikonsumsi bayi. Kandungan obat yang terkenal ampuh dan aman untuk bayi terdapat 2 jenis, yaitu ibuprofen dan paracetamol.

Ibuprofen dapat membantu mengurangi peradangan yang terjadi pada bayi. Namun, tidak semua bayi bisa diberikan jenis obat ibuprofen, karena memiliki kandungan yang keras dan hanya diperbolehkan untuk bayi berumur 3 bulan ke atas dengan dosis 3 kali sehari.

Sedangkan paracetamol dapat membantu meredakan batuk yang dialami oleh bayi. Paracetamol lebih aman untuk diberikan kepada bayi dibandingkan ibuprofen dengan dosis yang tepat. Ibu dapat memberikan paracetamol sekitar 4-6 jam sekali. Berikut ini terdapat 5 obat untuk mengencerkan dahak bayi.

  • Anatuk

Anatuk merupakan obat untuk meredakan batuk yang cocok untuk bayi. Anatuk termasuk obat herbal yang mengandung madu di dalamnya, disarankan hanya dikonsumsi untuk bayi umur 3 bulan ke atas. Sebab usus bayi umur 3 bulan ke bawah belum dapat mencerna madu dengan baik.

  • Mucos Drop

Obat yang satu ini cocok untuk mengencerkan dahak dan meredakan batuk. Obat mucos drop cocok untuk bayi dibawah satu tahun ke bawah dengan anjuran dosis yang disarankan yaitu dosis 0,5 ml dan hanya diperbolehkan 2 kali sehari.

  • Unibebi Cough Syrup

Obat untuk mengencerkan dahak bayi selanjutnya yaitu unibebi cough syrup. Obat ini dapat meredakan batuk yang menyebabkan dahak berlebihan pada anak dan bayi. Obat unibebi juga cocok dikonsumsi untuk anak dibawah satu tahun ke bawah.

Selain batuk, obat unibebi dapat meredakan gejala flu lainnya seperti demam dan pilek. Kegunaan dari obat ini memang sangat banyak terutama untuk gejala flu, karena terdapat kandungan paracetamol di dalamnya.

  • Mucera Drop

Obat mucera drop memiliki kandungan amboxol yang dapat mengencerkan dahak dan melegakan pernapasan pada bayi dan anak. Obat ini cocok untuk anak berumur 2 tahun ke atas. Jika bayi ingin menggunakan obat ini sebagai pengencer dahak, maka disarankan untuk mendapatkan resep dokter terlebih dahulu agar lebih aman.

  • Anakonidin

Anakonidin merupakan obat yang dapat membantu bayi dalam mengencerkan dahak, karena terdapat kandungan guaifenesin. Dengan begitu, dahak akan lebih mudah untuk dikeluarkan dan tidak menganggu pernapasan bayi.

Obat anakonidin hanya diperbolehkan bagi bayi yang sudah berumur 1 tahun lebih diatas. Selain mengencerkan dahak, anakonidin juga dapat membantu meredakan batuk, sakit kepala, hidung tersumbat, dan demam.

Saran obat diatas bisa didapatkan tanpa resep dokter dengan ketentuan umur yang telah dijelaskan. Orang tua dapat memilih obat yang sesuai dengan umur dan ketentuan dosis yang tertera. Jika orang tua khawatir memberikan obat tanpa resep dokter, maka dapat konsultasi ke dokter anak terlebih dahulu sebelum memberi obat kepada bayi.

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

© All Right Reserved