5 Faktor Utama Yang Bisa Memengaruhi Tumbuhnya Rambut

10 Cara Memanjangkan Rambut dengan Cepat, Ini Rahasianya!
source gambar : freepik.com/zdyma4

Rambut seseorang mungkin terasa lebih cepat panjang walau baru dipotong. Sementara ada orang lain yang mungkin tidak bisa memanjang rambut lebih cepat. Hal ini tak lepas dari berbagai faktor tertentu yang bisa membuat rambut tersebut tumbuh cepat.

Sekarang ini sudah ada ragam cara memanjangkan rambut dengan cepat tetapi tidak lepas juga tentu faktor biologis seperti hormon dan hal lain yang juga perlu diperhatikan. Jadi, setiap orang mempunyai kecepatan pertumbuhan berbeda-beda.

Contoh paling umum yaitu misal para wanita tampak mudah untuk memanjangkan rambut, sedangkan kebanyakan pria perlu menunggu waktu lebih lama. Supaya lebih jelasnya, simak beberapa poin berikut ini mengenai faktor yang bisa mempengaruhi cepat atau tidaknya pertumbuhan rambut.

Faktor Hormon

Faktor utama yang pertama yaitu hormon yang dapat memengaruhi tumbuhnya rambut seseorang. Hormon ini mempunyai peran penting untuk siklus atau pun struktur folikel di rambut.

Terdapat juga beberapa hormon yang bisa membuat rambut bisa lebih cepat panjang (misal androgen) dan bisa juga malah sebaliknya yaitu antara lain seperti testosteron, hormon dihidrotestosteron, atau hormon lainnya,

Faktor Pola Konsumsi Makan

Bukan hanya hormon saja secara biologis, pilihan makanan juga dapat menjadi faktor yang dapat menentukan rambut Anda bisa panjang lebih cepat atau tidak. Pertumbuhan rambut dengan folikelnya bisa menghasilkan rambut yang baru lewat nutrisi dalam tubuh.

Maka makanan yang dimakan bisa memengaruhi pertumbuhan atau pun kesehatan rambut tersebut. Hal tersebut termasuk lemak, protein, vitamin, mineral dan sebagainya yang diperlukan rambut agar tetap sehat dan kuat.

Pola makan sehat memerlukan waktu tidak sebentar agar melihat seperti apa efek positifnya, apa lagi untuk pertumbuhan rambut. Walau begitu, tak ada salahnya kita memilih makanan terbaik untuk rambut.

Contohnya seperti telur yang merupakan sumber biotin, kacang brazil dengan banyak selenium, ikan berlemak dan sebagainya.

Perawatan Rambut

Dari cara kita merawat rambut tentunya sangat memengaruhi pertumbuhan rambut. Dari semakin baik merawat rambut, maka semakin bagus kualitas rambut, dan termasuk juga siklus pertumbuhannya.

Perlu kita awali dengan mengenali rambut kita terlebih dahulu, keriting, berwarna, halus atau sebagainya. Pasalnya, tiap jenis rambut butuh perawatan berbeda.

Jika rambut kering, coba untuk jarang keramas misal. Pemilihan produk pun dapat berdampak pada kecepatan tumbuhnya rambut. Ada beberapa hal tertentu yang harus diperhatikan agar mempunyai rambut sehat dan mudah panjang.

Mulai dari menghindari jenis produk perawatan berbahan kimia yang rentan bisa merusak rambut. Tips lain yaitu membatasi panas pada rambut, seperti catokan lalu rutin potong rambut, minimal ujung rambutnya serta menjaga kulit kepala tetap sehat.

Faktor Ras

Ternyata ras juga ikut andil menentukan apakah kita bisa memiliki rambut mudah panjang atau lambat panjang. Hal yang dapat terjadi dikarenakan dari diameter serat lebih kecil pada ras tertentu.

Untuk orang Asia, mempunyai pertumbuhan rambut lebih tinggi walau kepadatan rambutnya yang lebih rendah.

Faktor Usia

Bukan hanya perubahan warna seperti rambut yang beruban, aspek usia ternyata merupakan faktor yang berperan terhadap kecepatan tumbuhnya rambut. Dari hampir semua orang mengalami yang namanya kerontokan rambut karena penuaan.

Laju tumbuhnya rambut bisa melambat seiring dari bertambahnya usia seseorang. Untaian rambut bisa lebih kecil serta memiliki lebih sedikit pigmen. Beberapa folikel akan berhenti juga menumbuhkan rambut saat memasuki usia lansia.

Maka dari itu sebabnya, ada beberapa orang yang mendapatkan rambut lebih tipis ketika bertambah tua, bahkan bisa menjadi botak.

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

© All Right Reserved